1. AC
1.
1.
Sebutkan prinsip
kerja motor AC satu fasa
Pembahasan
Motor AC satu fasa
berbeda cara kerjanya dengan motor AC tiga fasa, dimana pada motor AC tiga fasa
untuk belitan statornya terdapat tiga belitan yang menghasilkan medan putar dan
pada rotor sangkar terjadi induksi dan interaksi torsi yang menghasilkan
putaran. Sedangkan pada motor satu fasa memiliki dua belitan stator, yaitu
belitan fasa utama dan belitan fasa bantu.
2.
Sebutkan keuntungan motor AC!
Pembahasan
keuntungannya
yaitu:
• Desain Sederhana
• Biaya rendah
• Pengoperasian Terpercaya
• Mudah Ditemukan Penggantian
• Ragam Mounting Styles
• Banyak Lampiran Lingkungan Berbeda
• Desain Sederhana
• Biaya rendah
• Pengoperasian Terpercaya
• Mudah Ditemukan Penggantian
• Ragam Mounting Styles
• Banyak Lampiran Lingkungan Berbeda
3.
Hitunglah persentase slip/ geseran, jika
diketahui Ns nya 3600 RPM dan Nb nya 3000 RPM!
Pembahasan
%slip = 3600-3000 x 100
3600
%slip = 16,6
4.
Tentukan kecepatan sinkron jika
diketahui frekwensi dari pasokan
frekwensi nya 110
dan jumlah kutubnya 150!
dan jumlah kutubnya 150!
Pembahasan
Ns
= 120 x 110
150
Ns = 88
Jadi kecepatan sinkronnya 88
5.
Jelaskan mengenai motor rotor sangkar dan sebutkan
karakteristiknya!
Pembahasan
Motor
induksi ac adalah motor yang paling sering digunakan sebab motor
ini relatif sederhana dan dapat dibuat dengan lebih murah dibandingkan dengan
yang lain. Motor induksi dapat dibuat baik untuk jenis tiga-fase maupun
satu-fase, karena pada motor induksi tidak ada tegangan eksternal
yang diberikan pada rotornya. Sebagai penggantinya, arus ac pada
stator menginduksikan tegangan pada celah
udara dan pada Iilitan rotor untuk menghasilkan arus rotor dan medan magnet.
Medan magnet stator dan rotor kemudian berinteraksi dan menyebabkan rotor
berputar
· Rotor terdiri dari penghantar tembaga yang
dipasangkan pada inti yang solid dengan ujung-ujung dihubung singkat mirip
dengan sangkar tupai.
· Kecepatan konstan.
· Arus start yang besar yang diperlukan oleh
motor menyebabkan tegangan berfluktuasi.
· Arah putaran dapat dibalik dengan menukarkan
dua dari tiga line daya utama pada motor.
· Faktor daya cenderung buruk untuk beban yang
dikurangi.
· Apabila tegangan diberikan pada lilitan
stator, dihasilkan medan-magnet putar yang menginduksikan tegangan pada rotor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar